Di Zoho, kami bangga dengan upaya berkelanjutan kami untuk melampaui semua harapan dalam menyediakan keamanan dan privasi bagi pelanggan kami di dunia yang semakin terhubung ini. Berikan diri Anda ketenangan pikiran dengan membuat pilihan terbaik dalam keamanan dan privasi.
Bila Anda menjalankan banyak bisnis, pengelolaan keuangan bisa menjadi semakin rumit. Setiap entitas memiliki aliran pendapatan, kewajiban pajak, dan persyaratan pelaporan yang berbeda. Perangkat lunak akuntansi tradisional hanya dapat mengelola keuangan untuk setiap bisnis secara terpisah. Namun, perangkat lunak akuntansi untuk banyak bisnis dapat melacak keuangan di berbagai usaha. Perangkat lunak ini dirancang untuk memungkinkan Anda mengelola data keuangan untuk beberapa bisnis dari satu tempat.
Semakin banyak bisnis yang beralih ke perangkat keuangan otomatis, dengan pasar perangkat lunak akuntansi global diperkirakan meningkat dari sekitar $13,8 miliar USD pada tahun 2023 menjadi lebih dari $24 miliar USD pada tahun 2030. Di bawah ini, kita akan membahas mengapa bisnis yang mengelola banyak entitas memerlukan perangkat lunak khusus, fitur apa yang perlu dicari, dan bagaimana perangkat lunak ini dapat menyederhanakan persiapan pajak.
Ketika bisnis berkembang hingga mencakup beberapa entitas—baik itu anak perusahaan, cabang, atau usaha yang sepenuhnya terpisah—pengelolaan keuangan menjadi lebih rumit. Setiap entitas memiliki akun, anggaran, kewajiban pajak, dan persyaratan kepatuhannya sendiri, dan mencoba menangani semua pertimbangan ini dengan proses manual bisa jadi sulit. Berikut ini cara perangkat lunak akuntansi khusus dapat membantu.
Tampilan terpusat: Perangkat lunak khusus memungkinkan Anda mengelola semua entitas dalam platform terpusat, dan mengatur data sekaligus menjaga catatan keuangan masing-masing entitas tetap terpisah. Dengan tampilan terpusat ini, Anda tidak perlu beralih di antara beberapa sistem atau menggabungkan data dari spreadsheet secara manual.
Kepatuhan: Perangkat lunak khusus dibuat untuk menangani berbagai peraturan perpajakan, standar pelaporan, dan peraturan operasional. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti dukungan multi mata uang, perhitungan pajak otomatis, dan alat kepatuhan khusus entitas untuk membantu Anda tetap dalam kondisi baik—tidak peduli seberapa beragamnya operasi Anda.
Otomatisasi: Perangkat lunak khusus mengotomatisasi tugas-tugas berulang seperti penggajian, pembuatan faktur, dan pelacakan pengeluaran di berbagai bisnis; perangkat lunak ini juga memungkinkan pengaturan bersama sehingga Anda tidak perlu memasukkan ulang data untuk setiap entitas. Ini menghemat waktu, mengurangi risiko kesalahan, dan membebaskan tim Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih penting.
Bisnis yang berbeda memiliki kebutuhan akuntansi yang berbeda, jadi mengelola banyak bisnis berarti Anda juga memiliki serangkaian kebutuhan akuntansi Anda sendiri. Saat Anda mencari perangkat lunak yang tepat, pertama-tama pertimbangkan sistem yang menangani banyak bisnis sebagai fitur bawaan—bukan sebagai solusi sementara. Ini berarti perangkat lunak akuntansi harus memungkinkan Anda:
Mengelola banyak entitas berarti mengelola banyak aturan pajak, tenggat waktu, dan persyaratan pelaporan. Perangkat lunak akuntansi yang tepat dapat menangani banyak pekerjaan yang terlibat dan membuat persiapan pajak lebih cepat, lebih akurat, dan tidak terlalu menegangkan.
Salah satu tantangan terbesar dalam persiapan pajak untuk banyak bisnis adalah mengumpulkan semua informasi yang diperlukan. Perangkat lunak akuntansi memusatkan data keuangan Anda, sehingga Anda tidak perlu mencari-cari di lembar kerja, email, atau dokumen yang terpisah. Beberapa manfaat dari pemusatan data meliputi:
Konten dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi umum dan edukasi dan tidak boleh ditafsirkan sebagai nasihat hukum atau pajak. Stripe tidak menjamin keakuratan, kelengkapan, kecukupan, atau keberlakuan informasi dalam artikel. Anda harus meminta nasihat dari pengacara atau akuntan yang kompeten yang memiliki izin praktik di wilayah hukum Anda untuk mendapatkan nasihat tentang situasi khusus Anda.
Dapatkan bantuan dari pembukuan kami saat Anda membutuhkannya. Mereka akan memberikan panduan, menjawab pertanyaan Anda, dan mengajarkan cara mengerjakan tugas di QuickBooks, sehingga Anda dapat tetap fokus pada waktu pajak dan menjalankan bisnis Anda dengan percaya diri.
Memahami keuangan merupakan aspek penting dalam menjalankan bisnis yang sukses, tetapi hari-hari melacak angka hanya dengan bantuan alat tulis, doa, dan lembar kerja sudah lama berlalu. Sebaliknya, sebagian besar bisnis — termasuk pemilik tunggal yang bekerja untuk diri mereka sendiri dan departemen akuntansi di perusahaan internasional — mengotomatiskan pelacakan dan pelaporan keuangan dengan perangkat lunak akuntansi.
Sistem perangkat lunak akuntansi adalah program perangkat lunak yang membantu pemilik bisnis, pembukuan, dan akuntan menangani tugas-tugas keuangan yang menyita waktu tetapi penting terkait dengan pengelolaan bisnis. Perangkat lunak ini juga berfungsi sebagai catatan transaksi keuangan, riwayat, dan status fiskal terkini suatu bisnis.
Perangkat lunak akuntansi umum memadukan pembukuan (proses pencatatan transaksi keuangan) dengan akuntansi (menganalisis informasi pembukuan untuk membuat keputusan keuangan yang tepat) guna mendukung proses keuangan bisnis. Perangkat lunak akuntansi yang komprehensif dapat menghemat waktu Anda dengan fitur-fitur seperti rekonsiliasi bank otomatis, penagihan, pembuatan faktur, dan fitur pelacakan pengeluaran (dan masih banyak lagi).
Perangkat lunak penagihan dan pembuatan faktur adalah bagian dari perangkat lunak akuntansi yang lebih sederhana dan lebih ramping. Jika Anda seorang pekerja lepas yang bekerja dengan beberapa klien dalam beberapa proyek dalam setahun, perangkat lunak penagihan dan pembuatan faktur dasar — daripada perangkat lunak akuntansi yang lebih komprehensif — mungkin memiliki cukup alat untuk membantu Anda mengelola keuangan sambil memastikan Anda dibayar tepat waktu.
Pada saat yang sama, meskipun aplikasi penagihan dan pembuatan faktur seperti Square Invoice dan Zoho Invoice berfokus terutama pada membantu pemilik bisnis menagih klien mereka dan menerima pembayaran, aplikasi tersebut sering kali menyertakan fitur pembukuan dasar seperti pelacakan pengeluaran, pelacakan waktu berbasis proyek, dan laporan pengeluaran dasar.
Solusi perencanaan sumber daya perusahaan, atau ERP, adalah sistem perangkat lunak tingkat perusahaan yang memfasilitasi koneksi antara departemen dan personel di perusahaan besar. ERP seperti Oracle NetSuite menawarkan perangkat yang sama seperti program akuntansi dasar lainnya, mulai dari buku besar hingga penagihan dan pembuatan faktur. Namun, ERP mendukung akuntansi dalam skala besar sekaligus menawarkan fitur untuk mengelola penjualan, inventaris, layanan, rantai pasokan, dan personel.
Saat ini, sebagian besar perangkat lunak akuntansi berbasis cloud, artinya datanya dihosting di server luar kantor yang dapat Anda akses di mana saja selama Anda memiliki akses internet, tidak hanya di kantor Anda. Sebaliknya, perangkat lunak berbasis desktop dilokalkan ke rumah atau kantor Anda, meskipun perangkat lunak desktop modern biasanya dilengkapi dengan perluasan berbasis cloud opsional.
Software Akuntansi IndonesiaMasih ada beberapa pilihan perangkat lunak akuntansi desktop di pasaran, seperti Intuit QuickBooks Desktop. Akan tetapi, sebagian besar perangkat lunak desktop sedang dalam proses penghapusan bertahap. Bahkan Intuit mendorong calon pengguna QuickBooks Desktop untuk beralih ke program perangkat lunak akuntansi berbasis cloud, QuickBooks Online.
Perangkat lunak akuntansi berbasis desktop mungkin sepadan dengan waktu Anda jika Anda tinggal di daerah terpencil dengan akses internet yang tidak dapat diandalkan. Perangkat lunak ini juga dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda membutuhkan fitur yang tidak dapat Anda peroleh di tempat lain. (Misalnya, paket QuickBooks Desktop yang paling mahal menyertakan laporan mendalam terdepan di industri yang belum tentu merupakan norma untuk opsi berbasis cloud.)
Perangkat lunak akuntansi memudahkan pembukuan dan akuntansi di kantor, tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis Anda. Namun, beberapa pemilik bisnis mungkin lebih suka mengalihdayakan tugas pembukuan dan akuntansi mereka ke pihak ketiga seperti layanan pembukuan virtual atau akuntan publik perorangan.
Umumnya, akuntan menggunakan perangkat lunak yang ramah akuntan seperti QuickBooks atau Sage Intacct untuk menyimpan pembukuan mereka, meskipun beberapa perusahaan pembukuan pihak ketiga mengandalkan perangkat lunak internal yang eksklusif. Baik Anda bekerja dengan tim internal atau mengalihdayakan tugas akuntansi Anda, rencanakan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak akuntansi dalam kapasitas tertentu.
Bahkan perangkat lunak akuntansi yang paling dasar pun harus menyertakan alat pembuatan faktur yang memungkinkan Anda menagih pelanggan dan klien untuk barang dan jasa Anda. Perangkat lunak tersebut juga harus memberi Anda kemampuan untuk menerima pembayaran pelanggan secara langsung melalui faktur. Idealnya, perangkat lunak tersebut akan mendukung beberapa opsi pembayaran, termasuk kartu debit dan transaksi ACH.
Perangkat lunak akuntansi harus mengotomatiskan entri data berulang dengan melakukan sinkronisasi dengan rekening bank Anda dan melacak pengeluaran secara real time. Beberapa layanan perangkat lunak akuntansi membatasi Anda untuk menghubungkan satu rekening bank dan satu kartu kredit saja. Layanan lainnya, seperti Wave Accounting, menyediakan koneksi rekening bank dan kartu tanpa batas.
Secara bersamaan, ketiga laporan akuntansi ini memberikan Anda dan semua pemangku kepentingan dalam bisnis Anda (seperti bank dan pemberi pinjaman) informasi penting tentang situasi keuangan bisnis Anda. Pemilik bisnis, eksekutif, dan pemegang saham menggunakan informasi yang terdapat dalam dokumen ini untuk memaksimalkan laba, meminimalkan biaya, dan merencanakan masa depan yang lebih menguntungkan.
Perangkat lunak akuntansi tidak hanya melacak keuangan Anda dan mengkategorikan pengeluaran Anda untuk waktu pajak. Beberapa rencana dan program perangkat lunak, seperti rencana tingkat tertinggi Xero, juga akan membantu Anda mempersiapkan pertumbuhan di masa mendatang dengan fitur perkiraan dan penganggaran yang membantu Anda menentukan cara terbaik untuk memenuhi tujuan keuangan masa depan Anda.
Selain terhubung ke rekening bank untuk mengimpor dan mengkategorikan transaksi bank Anda secara real time, perangkat lunak akuntansi juga memungkinkan Anda mendokumentasikan pengeluaran lain, termasuk pengeluaran karyawan untuk penggantian biaya. Sebagian besar, perangkat lunak akuntansi mendukung pemindaian dan pengunggahan tanda terima secara real time sehingga Anda selalu memiliki catatan keuangan yang akurat di ujung jari Anda.
Meskipun sebagian besar perangkat lunak akuntansi seharusnya menawarkan penerimaan pembayaran online dengan setiap paket, beberapa juga memberi Anda kemampuan untuk membayar tagihan Anda sendiri langsung dari akun Anda. Untuk sebagian besar, manajemen tagihan dianggap sebagai fitur yang lebih canggih yang hanya tersedia pada paket tingkat menengah dan layanan akuntansi yang lebih mahal.
Idealnya, perangkat lunak akuntansi harus menawarkan integrasi bawaan dengan perangkat lunak bisnis penting lainnya. Integrasi yang paling umum adalah dengan perangkat lunak penggajian, aplikasi pelacakan waktu, dan solusi e-commerce, tetapi perangkat lunak akuntansi juga dapat terintegrasi dengan CRM, penagihan, penganggaran, SDM, dan aplikasi perangkat lunak pihak ketiga lainnya.
Beberapa penyedia, termasuk Wave Accounting, menawarkan integrasi bawaan yang terbatas, meskipun Anda dapat mengintegrasikan aplikasi apa pun yang Anda inginkan dengan solusi pihak ketiga seperti Zapier. Solusi akuntansi lainnya, seperti Xero, menawarkan lebih dari 1.000 integrasi pihak ketiga yang dapat disinkronkan dengan mudah ke perangkat lunak akuntansinya.
Sebagian besar perangkat lunak akuntansi modern kini menyertakan aplikasi seluler untuk memudahkan pelacakan keuangan saat bepergian. Bergantung pada aplikasinya, Anda seharusnya dapat melihat ikhtisar singkat tentang kesehatan keuangan Anda, melacak pengeluaran, mengirim faktur, menerima pembayaran, dan melihat laporan keuangan dasar dari ponsel atau tablet Anda.
Secara umum, perangkat lunak akuntansi yang paling terjangkau untuk pekerja lepas, wirausahawan tunggal, dan pemilik usaha kecil lainnya dimulai dari $0 hingga $25 per bulan untuk paket dasar. Paket tingkat menengah biasanya berharga antara $50 dan $80 per bulan, dan paket yang paling mahal umumnya berkisar antara $150 dan $250 per bulan.
Tentu saja, semakin banyak fitur yang ditawarkan perangkat lunak akuntansi Anda dan semakin banyak pengguna yang didukungnya, semakin mahal tagihan bulanan Anda. Sebagian besar (meskipun tidak semua) penyedia perangkat lunak akuntansi menawarkan beberapa paket sehingga perusahaan yang sedang berkembang akan beralih ke paket perangkat lunak yang lebih besar seiring pertumbuhannya.
Pemilik tunggal dan PT baru mungkin tidak memiliki anggaran untuk akuntan publik paruh waktu atau akuntan internal penuh waktu. Perangkat lunak akuntansi dapat membantu pemilik bisnis baru membangun fondasi keuangan mereka tanpa mengharuskan mereka mengeluarkan biaya melebihi anggaran.